Glitter

google search

Loading

MAU TAU...??  

Posted by: Citra Rahma El Kautsar

big bang

Saat ini teori yang diakui oleh masyarakat luas mengenaiterbentuknya alam semesta adalah teori big bang. Teori ini berpendapat, sekitar 15 miliar tahun yang lalu, alam semesta hanyalah sebuah titik kecil. Namun setelah mengalami ledakan besar dan mengembang. bahkan sekarang pun alam semesta masih dalam tahap pengembangan. Nantinya akan seperti apa, untuk saat ini belum ada teori yang jelas :)
pada akhir 1950an para pembela teori keadaan telah mulai agak mundur ketika para ahli astronomi memprediksi sumber gelombang radio jauh yang berasal dari quasar yang jaraknya sangat jauh. ini merupakan bukti adanya dentuman besar (big bang).;)

tahapan terjadinya dentuman besar :
  1. segera setelah terjadi dentuman besar, alam semesta mengembang dengan cepat hingga menjadi kira-kira 2000 kali matahari. 
  2. sebelum berusia satu detik, semua partikel hadir dalam keseimbangan. satu detik setelah dentuman, alam semesta membentuk partikel-partikel dasar yaitu elektron, proton, neutron dan neutrino pada suhu 10 milyar kelvin.
  3. kira-kira 500 ribu tahun telah terjadi ledakan, lambat laun alam semesta menjadi dingin hingga mencapai suhu 3000 K. partikel-partikel dasar membentuk benih kehidupan alam semesta.
  4. gas hidrogen dan helium membentuk kelompok-kelompok gas rapat yang tak teratur. dalam kelompok-kelompok tersebut mulai terbentuk protogalaksi.
  5. antara satu dan dua miliar tahun setelah terjadinya dentuman besar, protogalaksi melahirkan bintang-bintang yang lambat laun berkembang menjadi raksasa merah dan supernova yang merupakan bahan baku kelahiran bintang-bintang baru dalam galaksi. 
  6. satu diantara miliaran galaksi yang terbentuk adalah galaksi bimasakti yang didalamnya adalah tata surya kita dengan matahari sebagai bintang yang terdekat dengan bumi.

This entry was posted on 00.49 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar

My Twitter ^__^

cursor

Sea-breeze Cocktail

star

sosial bookmark

link